14 Juni 2013

Stadion Tempat Piala Konfederasi Berlangsung

sepak bola brasil
Dari enam stadion, lima diantaranya berada di bagian timur laut hingga tenggara Brasil.

Sebanyak 12 stadion dipersiapkan Brasil untuk Piala Dunai 2014. Dari jumlah itu, hanya enam yang akan digunakan untuk Piala Konfederasi yang akan digelar Juni ini. Satu hal yang menarik, keenam stadion itu terletak di pantai timur Brasil. Hanya Estadio Nacional de Brasilia yang berada agak ke tengah.

Meski demikian, keenam stadion tidaklah sama. Mereka memiliki kisah tersenidiri. Ada Macarana yang sangat bersejarah, ada pula Arena Pernambuco yang sengaja dibangun untuk Piala Dunia 2014 dan baru dibuka pada 22 Mei lalu. Lalu ada juga Arena Fonte Nova yang dibangun di atas reruntuhan stadion lama dengan nama yang sama.

Berkaitan dengan kesiapan menggelar laga-laga Piala Konfederasi, stadion-stadion itu sempat bermasalah. Bahkan, tiga di antaranya, yakni Estadio Nacional de Brasillia, Arena Pernambuco, dan Estadio do Macarana selesai melewati  tenggat awal yang ditetapkan FIFA, yakni 15 April 2013 atau dua bulan jelang pembukaan Piala Konfederasi.

stadion Macarana
Stadion Macarana
Salah satu dari tiga stadion yang berhasil diselesaikan sesuai tenggat, Arena Fonte Nova, pun tak lepas dari masalah. Pada akhir Mei, 36 panel listrik yang dibentangkan di atas tribun stadion sobek karena tak mampu menahan guyuran hujan deras yang melanda bagian timur laut kota Salvador.

Meski tidak terlalu besar, masalah seperti itu merupakan ujian terhadap kesiapan Brasil. maklum, sebelumnya Presiden Brasil, Dilma Rousseff mengungkapkan keyakinannya. "Keenam stadion ini menunjukkan bahwa orang-orang Brasil memiliki determinasi, kapasitas dan kompetensi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia terbaik sepanjang masa," kata dia.

Sudah barang tentu, andai masalah serupa terulang, keraguan publik sepak bola dunia terhadap kesiapan Brasil untuk tahun depan akan kembali menyeruak.

Stadion  Arena Fonte Nova
Stadion  Arena Fonte Nova


Arena Pernambuco
Stadion Arena Pernambuco



0 comments:

Posting Komentar

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: antoniachekov@gmail.com

Our Team Memebers